Berita / Berita Terbaru / Detail

Masyarakat Kebumen semakin mudah mendapatkan informasi

Berita Terbaru 05 Desember 2018 09:52:34 WIB Administrator dibaca 34 kali

KOMINFO KEBUMEN- Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dalam pembukaan sosialisasi pengelolaan website dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah dan pengumuman peringkat website, Rabu 5 Desember 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Wakil bupati menambahkan bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Kebumen telah berinovasi membuat website resmi yang beralamat di www.kebumenkab.go.id. Saya satu tujuan dari pembuatan website tersebut ialah untuk memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat Kebumen.

Kemudian sambutan dari Wakil Bupati Kebumen menjabarkan bahwa dalam pengelolaannya, hingga saat ini ada 530 subdomain yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kebumen. Ke 530 subdomain tersebut terdiri dari 36 subdomain OPD, 26 subdomain Kecamatan, 6 subdomain Organisasi, 1 subdomain Instansi Vertikal, 1 subdomain Puskesmas, serta 460 Subdomain Desa.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen menyerahkan hadiah bagi OPD dan Desa yang menempati peringkat teratas hingga ketiga. Dari hasil pemeringkatan website OPD, Kecamatan, organisasi dan Desa tahun 2018, peringkat pertama diraih dari Disnaker KUKM dengan nilai 9,62. Peringkat dua web OPD  Satpol PP dengan nilai 8,40, dan disusul Diskominfo dengan nilai 8,17.

Sedangkan   Website Desa, peringkat pertama diraih  oleh website Desa Seboro Kec. Sadang dengan nilai 7.75. Peringkat dua, Desa Balingasal Kec. Padureso dengan nilai 7,73, disusul Desa Kalibeji Kec. Sempor dengan nilai 7,67. Sementara itu, menurut keterangan Kabid PDE Dinas Kominfo Kebumen,  hasil nilai pemeringkatan website secara keseluruhan  tersaji dan dapat diakses di rating.kominfo.kebumenkab.go.id

Dengan banyaknya subdomain yang mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik tersebut, Wakil Bupati berharap pemerintah dapat semakin transparan dalam memenuhi hak masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komisioner Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah Dr. Wijaya, SH., MH., Kepala Dinas Kominfo Kab Kebumen Cokro Aminoto SIP MKes, serta pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen. (admin/Luk)