Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Kebumen Beri Pelatihan Jurnalistik Bagi 125 Anggota Kodim 0709

Berita Terbaru 12 Desember 2018 11:01:50 WIB Administrator dibaca 52 kali

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen memberi pelatihan jurnalistik atau penulisan berita yang baik bagi 125 anggota Kodim 0709 Kebumen di Aula Happy Valley Sempor, Rabu (12/12). Pelatihan di berikan oleh Kepala Diskominfo Kebumen, Cokro Aminoto dengan materi melawan hiax dan prinsip dasar jurnalistik.

Dalam pelatihan, Kadinas Cokro Aminoto menyebutkan dalam penulisan berita yang baik dan benar harus memenuhi unsur-unsur berita yakni 5 W dan 1 H. 5W dan 1 H ini adalah  What (apa), Who (siapa) Where (dimana)  When (kapan)  Why (mengapa) dan How (bagaimana). 5W dan 1 H ini adalah bentuk pertanyaan kepada sumber berita untuk menggali sebuah peristiwa.

"Dalam penulisan berita di website atau media on line harus singkat, jelas, padat. Singkat artinya berita yang disajikan tidak panjang karena keterbatasan ruang, jelas artinya mudah dipahami pembaca, dan padat artinya berita disajikan memuat unsur 5 W dan 1 H," jelas Kadinas Cokro Aminoto.

Cokro Aminoto menambahkan, dalam membuat berita satu kegiatan atau peristiwa, maka dapat dioptimalkan menjadi beberapa berita. "Tergantung bagaimana sudut pandang atau angel berita yang mau kita buat dari kegiatan atau peristiwa tersebut. Satu kegiatan bisa dijadikan dua atau tiga berita," jelas Kadinas.

Dalam membuat berita selain memuat 5 W dan 1 H harus diperhatikan juga judul berita yang mencerminkan isi berita. Judul tidak panjang, tidak lebih dari tujuh kata. Ada beberapa point penting yang harus dikuasai oleh pemulis berita. Selain memahami 5W dan 1 H, juga pahami struktur berita dan perbendaharaan kata sebagai penunjang dalam pembuatan kalimat yang sistematis, enak dibaca dan mudah dipahami pembaca.

Diakhir presentasi, Kadinas berharap pelatihan singkat jurnalistik ini dapat memberi banyak manfaat, wawasan dan pengetahuan bagi anggota Kodim dalam membuat sebuah berita yang baik dan benar.(admin/mn)