Berita / Berita Terbaru / Detail

DISKOMINFO KEBUMEN- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen menyelenggarakan sosialisasi uji konsekuensi atas informasi publik yang dikecualikan dan evaluasi PPID tahun 2018, Rabu 28 November 2018. Acara yang berlangsung di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Bupati Kebumen ini diikuti oleh PPID Utama, PPID Pembantu Badan/Dinas dan PPID Pembantu Kecamatan.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Cokro Aminoto, S.IP, M.Kes yang mewakili Sekda Kabupaten Kebumen. Dalam sambutannya Kadiskominfo mengatakan bahwa sebagai bentuk implementasi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan aturan teknis di bawahnya, maka penyelenggara negara atau penyelenggara Badan Publik berkewajiban untuk menyampaikan informasi kepada publik. Akan tetapi tidak semua informasi harus disampaikan karena ada batasan-batasan tertentu yang bersifat pengecualian. Oleh karena itu Penyelenggara Badan Publik harus paham dan mengetahui mengapa suatu informasi dikecualikan sebagaimana yang diatur pada pasal 17 UU No. 14 Tahun 2008.

“Penyelenggaraan pelayanan informasi publik di Kabupaten Kebumen belum berlangsung dengan optimal, hal ini disebabkan beberapa hal diantaranya kesadaran dan perhatian para penyelenggara badan publik terhadap hak masyarakat akan informasi belum tinggi, kekurangan SDM/tidak adanya pegawai di OPD yang khusus mengelola data dan informasi serta terbatasnya anggaran dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi dan koordinasi dengan PPID Pembantu dalam pengumpulan data masih menemui banyak kendala” ungkap Cokro. Di akhir sambutannya, Cokro mengajak kepada PPID untuk lebih semangat dan bekerja ikhlas serta mencontoh PPID Provinsi Jawa Tengah yang berhasil menjadi PPID Terbaik Nasional 2018. 

Acara Sosialisasi Uji Konsekuensi Atas Informasi Publik yang Dikecualikan Dan Evaluasi PPID Tahun 2018 menghadirkan narasumber Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Slamet Haryanto, SH, MH dan Kasi Pelayanan Data dan Informasi Publik, Sadjad SH dengan moderator Drs.Drajat Triwibowo. Slamet Haryanto, SH, MH menyampaikan materi tentang Evaluasi Tata Kelola Informasi Publik Kabupaten Kebumen, pengklasifikasian informasi publik dan uji konsekuensi sedangkan Sadjad SH menyampaikan materi tentang Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Tengah. Di akhir acara diadakan tanya jawab antara PPID Pembantu dengan narasumber.(admin/aa)