Berita / Publikasi / Detail

KOMINFO KEBUMEN- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rakor Dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan PPID Se-Jawa Tengah Tahun 2018, Rabu 5 Desember 2018. Acara yang berlangsung di Aula Lantai IV Gedung Diskominfo Provinsi Jawa Tengah ini diikuti oleh PPID Utama Kab/Kota, PPID Pembantu Badan/Dinas dan PPID Pembantu BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tema yang diusung pada Rakor kali ini adalah ”Peningkatan Kualitas Pelayanan Badan Publik Informatif”

Acara tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, yang dibacakan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Akhmad Syaifillah ATd, MT. Dalam sambutannya, Kadiskominfo Prov. Jawa Tengah mengatakan bahwa penyelenggaraan Rakor kali ini sangat penting mengingat PPID mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menginformasikan kebijakan, program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. ”Informasi adalah hak seluruh Warga Negara Indonesia. Maka, lembaga yang mendapat amanah dari Undang-Undang baik di tingkat Provinsi atau Kabupaten/ Kota, baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang mendapatkan sumber anggaran dari APBN/APBD, wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan terkait kegiatan, program, dan kebijakan yang akan sedang dan telah dilaksanakan” tegas Syaifillah.

Syaifillah mengharapkan agar PPID Utama maupun PPID Pembantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wujud keterbukaan informasi. ”Salah satu indikator bahwa informasi yang disuguhkan diminati masyarakat dapat kita cermati dari jumlah pengunjung pada masing-masing website PPID” ungkap Syaifillah. Oleh karena itu website PPID harus dibuat lebih menarik, jelas, lengkap dan up to date, sehingga masyarakat yang memerlukan atau membutuhkan informasi akan lebih ”mudah” dan ”enjoy”.

Rakor Dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan PPID Se-Jawa Tengah Tahun 2018 menghadirkan narasumber Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sosiawan; praktisi sekaligus Dosen Universitas Diponegoro, Dr. Amirudin dan Kepala Bidang Statistik Diskominfo Prov. Jawa Tengah, Ir. Arif Boedijanto, M.Si dengan moderator Plt. Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan, Dr. Sri Budi P. Pada kesempatan tersebut Dr. Amirudin menyampaikan materi tentang “Tips dan Trik menjadi Badan Publik yang informatif”. Sementara Drs. Sosiawan mengangkat materi tentang Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik dan Langkah Penyusunan Laporan Tahunan,   sedangkan Ir. Arif Boedijanto, M.Si memberikan materi tentang Evaluasi Hasil Penguatan Kelembagaan PPID Se-Jawa Tengah. Di akhir acara diadakan tanya jawab dan pemberian masukan oleh PPID Utama Kab/Kota, PPID Pembantu OPD/BUMD kepada PPID Utama Pemprov Jateng.(admin/aa)