Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Smart City Program Prioritas Dinas Kominfo Kebumen

Berita Terbaru 07 Januari 2020 16:05:28 WIB dibaca 62 kali

KOMINFO - Kepala Dinas Kominfo Kebumen Cokro Aminoto, S.IP., M.Kes mengatakan Smart City adalah program prioritas Dinas Kominfo yang tengah berjalan. 


Hal tersebut dikatakannya saat rapat kerja dengan Komisi C DPRD Kebumen di Ruang Rapat Komisi C, Selasa (07/01). 


Rapat yang dipimpin Ketua Komisi C Restu Gunawan dihadiri oleh para anggota Komisi C DPRD Kebumen. Sementara dari jajaran Kominfo, Kepala Dinas Kominfo didampingi Kabid IKP Dewi Indri Astuti dan Kabid PDE Luhur Rahpinudji, serta Kasi PME Dwi Purwantoro. 


Cokro mengatakan, Kabupaten Kebumen merupakan salah satu dari 100 Kabupaten yang menjadi pilot project program nasional smart city. "Indikator smart city adalah pemerintah cermat dan cerdas melayani warganya, sedangkan masyarakat cerdas dalam mengakses informasi," terangnya. Tentang progress program tersebut, Cokro mengatakan bahwa saat ini tengah berada dalam tahap menyusun master plan smart city Kebumen.


Dalam kesempatan tersebut, Cokro juga sempat menyampaikan beberapa hal tentang Geopark. Ditegaskannya, Dinas Kominfo Kebumen all out mengangkat dan mempromosikan Geopark. 


Terkait masalah kemiskinan, anggota Komisi C Bambang Supardjo menanyakan akurasi data yang ada. Sebab terjadi paradoksi, PAD meningkat namun Kebumen justru menurun menjadi Kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Menanggapi hal tersebut, Kabid IKP Dewi Indri Astuti mengatakan bahwa data kemiskinan leading sectornya bukan di Dinas Kominfo melainkan di OPD. Sesuai  tupoksinya, Kominfo hanya memfasilitasi penyebarluasan informasi tentang data ke masyarakat. 


Kecuali menggelar rapat kerja dengan Dinas Kominfo, pada hari dan tempat yang sama Komisi C DPRD Kebumen juga menggelar rapat kerja dengan mitra kerja lainnya yakni Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata. (ims)