Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz dan Direktur Utama Perum LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat yang diwakili Nina Kurnia Dewi Direktur Keuangan LKBN Antara melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama tentang Media Layanan Informasi Publik, dilanjut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kebumen Cokro Aminoto S.IP, M.Kes dan Chief Executive Officer (CEO) Antara Digital Media, Drs. Darmadi M.M menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penyebarluasan Layanan Informasi Publik di Wisma Antara, Auditorium Adhiyana Lantai 2, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

Beberapa poin penting dalam MoU ini diantaranya adalah  diseminasi informasi pusat dan daerah,  penyediaan dan pemanfaatan layanan berupa aplikasi, data, berita dan informasi, serta mewujudkan penyebarluasan informasi yang merata dan mencerdaskan masyarakat demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

CEO Antara Digital Media, Darmadi mengatakan, bentuk penyebarluasan informasinya secara langsung kepada masyarakat melalui media dalam ruang  (TVC) "i-media ukuran standar 47" dan media luar ruang (videotron) "o-media" dengan ukuran standar 8x4 meter di titik strategis di daerah tetsebut.

"Kerjasama ini memberi banyak keuntungan kedua belah pihak. Bagi LKBN Antara dapat mengemban tugas negara dalam hal pemberitaan kegiatan pembangunan dan pemerintahan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sedangkan bagi daerah dapat mempromosikan potensi pariwisata, ekonomi dan investasi melalui perangkat I-Media dan O-Media," ujar Darmadi.

Darmadi menandaskan, Antara sebagai kantor berita nasional memiliki jaringan yang cukup luas ditingkat nasional maupun internasional. Melalui penyebarluasan informasi ini nanti akan berdampak signifikan untuk kemajuan daerah. Segala potensi ekonomi di Kebumen dapat terinformasikan dengan baik  dan benar keseluruh lapisan masyarakat dunia.

"Melalui pemanfaatan media dalam ruang (TVC) dan media luar ruang (vidrotron), merupakan sarana yang cukup efektif untuk penyebaran informasi daerah maupun nasional kepada publik. Sajian informasinya 40% berita daerah, dan 60% berita nasional," jelas Darmadi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati  KH. Yazid Mahfudz mengapresiasi kerjasama penyebarluasan informasi publik ini. Sebab, dengan adanya keterbukaan informaai publik ini nantinya tidak ada kecurigaan dalam mewujudkan program-program pembangunan daerah, baik di Pemerintahan Desa, Kecamatan, maupun Kabupaten.

"Selain itu, dengan keterbukaan informasi publik ini kita bisa melawan hoax sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang baik dan benar.

Bupati berharap MoU dan PKS layanan informasi publik antara Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan LKBN Antara ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Terutama juga untuk mempromosikan sekaligus membangun citra pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan di berbagai bidang. Masih banyak potensi Kebumen yang belum diketahui oleh masyarakat luas. 

"Saat ini kami sudah punya Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong dan Mall Pelayanan Publik yang harus diiinformasikan kepada publik. Karenanya, kami juga berharap program I-Media dan O-Media Antara dapat segera direalisasikan di Kebumen. Kebumen nanti akan menyediakan lokasi dan perizinannya," ujar Bupati. 

Usai penandatanganan, Bupati KH. Yazid Mahfudz bersama bupati lainnya diajak berkeliling ke lantai 20 untuk melihat proses produksi berita. "Di lantai 20 ini kantor redaksi kami," ujar Darmadi.

Selain Kabupaten Kebumen, Mou dan PKS Layanan Informasi Publik ini juga dilakukan delapan kabupaten/kota yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kota Kupang dan Kota Kediri. (tim)