Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pelantikan Saka Milenial Kwartir Cabang Kebumen 2019-2024

Berita Terbaru 19 Desember 2019 10:40:07 WIB dianpd dibaca 71 kali

KEBUMENKAB.GO.ID - Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiono melantik majelis pembimbing, pimpinan, pamong dan instruktur satuan karya pramuka mitra inovasi dan literasi informasi digital atau disingkat dengan nama saka milenial tingkat kwarcab kebumen masa bhakti 2019-2024. 

Saka milenial dibentuk dengan harapan akan memperkuat pramuka untuk lebih maju menghadapi perkembangan informasi dan teknologi digital. Terutama memasuki revolusi industri jilid 4.0 dunia berubah sangat cepat. Menghadapi era ini dituntut untuk dapat menyiapkan generasi yang mampu beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul dengan cara yang tepat pula.

Pramuka mengajarkan sejak dini untuk bisa mandiri dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk menghadapi perkembangan informasi dan teknologi digital, Kwartir Cabang Kabupaten Kebumen membentuk satuan karya pramuka mitra inovasi dan literasi informasi digital atau disingkat dengan nama Saka Milenial.

Saka Milenial merupakan satuan karya gerakan pramuka yang digagas secara langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pengurus yang dilantik adalah 24 pengurus yang terdiri dari majelis pembimbing satuan karya (mabisaka), pimpinan satuan karya (pinsaka milenial), pamong serta instruktur saka milenial masa bhakti 2019-2024.  

Kembangkan Pengetahuan dan Informasi Literasii Digital dan Inovasi Tehnologi Informasi

Pengurus Saka milenial mempunyai tugas untuk mengelola dan mengembangkan saka milenial di kwarcab kebumen. Selain melakukan kegiatan latihan di pangkalan satuan karya untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang literasi digital dan inovasi teknologi informasi komunikasi kepada pramuka penegak dan pandega yang menjadi anggota saka milenial. 

Ketua Mabisaka milenial kwarcab kebumen Cokro Aminoto SIP MKes menyampaikan, Saka Milenial juga merupakan bagian dari Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Kebumen. Keberadaan saka milenial dilatarbelakangi dengan kemajuan teknologi yang telah membawa pergeseran di semua aspek kehidupan masyarakat. Untuk itu agar efek negatif kemajuan teknologi tidak menjadi budaya di masyarakat, harus dilakukan upaya prefentiv salah satunya melalui keberadaan saka milenial ini. Nantinya pangkalan kegiatan saka milenial akan dilakukan di Dinas Kominfo dengan memanfaatkan panggung terbuka yang ada.

Selain melantik kepengurusan Saka Milenial, Ketua Kwarcab Kebumen juga melantik pengurus pusat pendidikan dan pelatihan kepramukaan tingkat kwarcab kebumen masa bakti 2019-2014 serta melantik pengurus dewan kerja pramuka penegak dan pramuka pandega-DKC Kwartir Cabang Kebumen masa bhakti 2019-2024.

Pada acara tersebut juga diberikan tanda penghargaan berupa lencana dan piagam penghargaan Darma Bakti dari kwarnas kepada  Sekretaris Kwarcab Kebumen Edy Sukamsi SPd MPd  serta penghargaan lencana dan piagam penghargaan pancawarsa kepada beberapa tokoh pramuka di Kabupaten Kebumen. (dpd)