Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Kebumen Hadiri Sosialisasi Pita Cukai Desain Tahun 2020

Berita Terbaru 27 Februari 2020 09:11:45 WIB Admin dibaca 30 kali

DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang diwakili Kasi Komunikasi dan Pengembangan Media Alternatif Agung Hariadi SST menghadiri Sosialisasi Identifikasi Keaslian Pita Cukai yang digelar Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) di Aula Kantor Bea Cukai Cilacap pada Selasa (25/2).

 

Dalam kesempatan ini, hadir Kabag Perekonomian Setda Kebumen, perwakilan Satpol PP, dan Dinas Perisdustrian dan Perdagangan, perwakilan TNI/Polri, dan Stakeholder terkait serta produsen rokok dan produsen vape dari Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen.

 

Sosialisasi digelar untuk mengenalkan pita cukai desain terbaru kepada masyarakat. “Desain pita cukai tahun 2020 bertujuan untuk menghindari pemalsuan pita cukai pada barang kena cukai di masyarakat seperti rokok, rokok elektrik (vape), etil alkohol atau etanol dan Minuman yang Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang pada tahun 2020 ini mengalami peningkatan permintaan barang. Namun rokok tradisional seperti rokok sintren cukainya tetap,” ungkap Wisnu Wibowo selaku Kepala KPPBC TMP C Cilacap.

 

Sementara itu Kasi Perbendaharaan KPPBC TMP C Cilacap Nur Fatichah dalam sosialisasi menyampaikan untuk kedepan plastik dan bahan pemanis juga akan digolongkan sebagai barang yang kena cukai. Pita cukai hasil tembakau desain 2020 setidaknya ada tiga seri dengan ciri khusus di antaranya kertas, cetakan, dan hologram. Yang memuat berbagai keterangan seperti tarif cukai dan angka tahun anggaran harga jual eceran.

 

Narasumber lain yang memberikan sosialisasi dari Kasi Penindakan dan Penyidikan Sasongko Dewanto menyampaikan mengenai identifikasi pita cukai hasil tembakau juga bisa dilakukan oleh masyarakat setelah mengenali pita cukai yang asli karena bila terdapat pelanggaran tentang cukai akan memperoleh sanksi dan pidana bagi pelanggar.

 

Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC TMP C Cilacap juga menyampaikan pemakaian pita cukai tahun 2019 akan berakhir pada Februari sedangkan untuk ijin edarnya dibatasi sampai bulan Juni 2020. (rat/vid/put)