Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Kabupaten Kebumen Menghadiri Undangan Comday

Berita Terbaru 21 Februari 2020 12:00:10 WIB Admin dibaca 24 kali


DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menghadiri undangan Community Day Inixindo  yang mengusung tema “Analisa Sentiment dengan Teknologi Machine Learning” di EduparX Inixindo Yogyakarta Kamis (20/2/2020).

Acara tersebut dibuka oleh Dony Setyawan (Marketing Content Strategist) selaku moderator dan diisi materi oleh narasumber Yanwar Hadiyanto selaku Instruktur Inixindo, Redhat Trainer, Vnware Certified Associate, Android Cartified Associate Developer. Dalam materinya, Yanwar menyampaikan bahwa analisa sentiment adalah salah satu teknik dalam mengekstrak informasi berupa pandangan seseorang terhadap suatu isu kepuasan pelayanan, kebijakan, dan analisis pesaing berdasarkan data tekstual. Fenomena pertumbuhan data yang masif menjadi tantangan baru dalam proses analisis sentiment. Sehingga analisa tekstual secara manual semakin sulit dilakukan dengan menugaskan banyak orang untuk mengklasifikasikan jenis sentiment dari data tekstual yang sangat besar dan beragam yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Yanwar berharap dengan dibutuhkannya teknik baru dalam analisis sentiment yang dapat secara otomatis mengekstrak informasi dari data secara tepat yaitu dengan cara menggunakan mesin yang dapat mempelajari email maupun tweet, di sinilah konsep machine learning dapat dimanfaatkan untuk analisa sentiment.

Acara Comday ini juga dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari Diskominfo Bantul, Diskominfo Klaten, dan Diskominfo Kebumen. Selain itu dihadiri pula oleh mahasiswa dari UAD dan peserta umum lainnya. (put)