Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Gelar Sosialisasi Computer Security Gov-CSIRT

Berita Terbaru 16 Maret 2020 12:42:13 WIB Admin dibaca 9 kali

DISKOMINFO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Sosialiasasi Computer Security (Gov-CSIRT) Kabupaten Kebumen di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen pada Rabu (11/3).

Sosialisasi dibuka langsung oleh Kabid PDE Diskominfo Kebumen Luhur Rahpinuji yang mewakili Kepala Diskominfo Kebumen serta turut hadir OPD, camat, dan pengelola IT di lingkungan Pemkab Kebumen. Sementara itu dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara Sriyanto selaku Kepala Subdirektorat Penanggulangan dan Pemulihan Daerah Wilayah I.

Sriyanto menyampaikan dalam materinya bahwa tujuan dibentuk Gov-CSIRT adalah untuk membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan pada sektor pemerintah. Selain itu juga untuk membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber serta mendorong pembentukan CSIRT pada sektor pemerintah.

Sosialisasi Gov-CSIRT merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Sinkronisasi Perencanaan TA 2021 berkaitan tentang urusan komunikasi, informatika, persandian dan statistik yang digelar di Hotel Laras Asri Salatiga pada 20-21 Januari 2020.

Hasil dari Rakortek tersebut adalah Pemkab, Pemkot, dan Pemprov se-Jawa Tengah dihimbau untuk segera membentuk tim Government CSIRT (Gov-CSIRT) karena layanan berbasis teknologi yang dikelola oleh pemerintah rentan dari ancaman siber.

Dengan demikian, perlu dibentuk tim untuk memitigasi serta mengembalikan sebuah sistem elektronik yang mengalami gangguan. Untuk ke depannya Pemkab Kebumen akan segera membentuk Gov-CSIRT. (put)



Sumber : https://kominfo.kebumenkab.go.id/index.php/webmin_news/form/1/0/540