Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail


KOMINFO.KEBUMENKAB.GO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kebumen menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Laporbup dan Lapor SP4N, Senin (17/02). Acara yang berlangsung di Aula Diskominfo lantai 2 ini diikuti oleh 28 perwakilan OPD. Bimtek dibuka oleh Kepala Seksi Diseminasi Informasi dan Analisis Media Diskominfo Anindya Arief Setiadi.


Dalam sambutannya Anindya mengatakan, Bimtek Aplikasi Laporbup dan Lapor SP4N diselenggarakan untuk melatih admin OPD mengelola pengaduan dari masyarakat. Adapun jumlah kanal pengaduan yang ada sebanyak 3 (tiga) buah berjenjang dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten. “Saat ini ada tiga kanal pengaduan yakni Lapor SP4N di Pusat, LaporGub di tingkat Provinsi dan LaporBup di tingkat Kabupaten. Saat ini ketiganya belum terintegrasi,’’ papar Anindya. Oleh karena aplikasi tersebut belum terintegrasi maka menurut Anindya perlu melatih admin OPD untuk mengelola pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi itu. “Lapor SP4N dan LaporBup memfasilitasi hingga admin OPD, jadi Bapak/Ibu kami latih untuk menjadi admin keduanya. Sedangkan untuk LaporGub karena hanya memfasilitasi hingga admin Kabupaten, maka jika ada aduan di LaporGub kami teruskan ke OPD melalui e-Letter,’’ jelas Anindya.


Di akhir sambutan Anindya meminta kepada admin OPD untuk serius mengikuti Bimtek agar apa yang disampaikan oleh narasumber dapat terserap dengan baik sehingga sekembalinya dari Bimtek bisa langsung menerapkannya. Admin OPD juga diminta untuk mengecek aplikasi pengaduan secara rutin minimal sehari sekali.


Bimbingan Teknis aplikasi Laporbup dan Lapor SP4N menghadirkan narasumber Analis Program Agung Widyatmaka dan Programmer Android Yusuf Mufti. Agung Widyatmaka menjelaskan pengelolaan pengaduan Lapor SP4N setelah sebelumnya admin OPD diberi hak akses masuk ke aplikasi. Agung juga mengajarkan langkah-langkah yang dilakukan untuk memproses dan menindaklanjuti aduan masyarakat.


Sementara Yusuf Mufti menyampaikan materi tentang aplikasi Laporbup dalam dua versi yakni android dan website. Dikedua versi tersebut Yusuf mengajarkan dan mempraktekan bagaimana masyarakat melaporkan aduan/aspirasi sampai dengan OPD menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. Di akhir acara dilakukan tanya jawab antara peserta bimtek dengan narasumber.