Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Beri Pelatihan Jurnalistik di Puskesmas Sruweng

Admin 13 Februari 2020 12:43:20 WIB dibaca 69 kali

KOMINFO - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen memberikan pelatihan Jurnalistik dan Tata Kelola Media Online bagi staf dan karyawan Puskesmas Sruweng, Kamis (13/2/2020). Pelatihan dibuka oleh Kepala Puskesmas Sruweng M. Lu'Ayin dengan narasumber programer Yusuf Mufti dan praktisi media, Sudarmono.

 

M. Lu'Ayin mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi staf dan karyawan dalam mengelola website dan dunia tulis menulis.

 

"Melalui pelatihan ini kami berharap staf dan karyawan Puskesmas Sruweng mampu menulis berita atau menyampaikan informasi melalui website yang dimiliki Puskesmas Sruweng. Penyampaian informasi atau berita ini sangat penting kepada masyarakat. Tak hanya membangun citra institusi, tapi masyarakat juga tahu perkembangan dan berbagai kegiatan Puskesmas. Memiliki kemampuan dalam dunia tulis menulis akan banyak memberi manfaat" jelas M. Lu'Ayin.

 

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Kepala Diskominfo Cokro Aminoto dalam pelatihan tersebut dan berpesan kepada peserta bahwa menulis itu penting sebagai ladang amal tak hanya untuk kehidupan di dunia tapi juga di akhirat.

 

"Salah satu bekal amal ibadah di akhirat adalah ilmu yang bermanfaat. Salah satu yang bermanfaat adalah dunia tulis menulis. Menulis yang baik, benar dan bermanfaat bagi masyarakat adalah tabungan amal ibadah kita untuk di akhirat" kata Cokro Aminoto.

 

Karenanya, Cokro Aminoto berharap seluruh staf dan karyawan Puskesmas Sruweng nantinya memiliki kemampuan menulis. "Untuk bisa menulis dengan baik dan benar tak sekadar memahami prinsip-prinsip penulisan, namun juga harus dibiasakan untuk menulis. Jangan pernah mengkritik tulisan sendiri, jangan berhenti dan terus berlatih untuk menulis. Hasilnya nanti akan dirasakan bahwa menulis itu mudah" ungkap Cokro Aminoto.

 

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan jurnalistik diantaranya adalah pemahaman tentang berita, sudut pandang berita, jenis dan unsur berita, struktur berita, serta penguasaan kosakata dalam membuat berita. Selain itu peserta diberi pemahaman tentang pembuatan website, cara mengupload berita dan video serta teknis aplikasi lainnya. (mn/yf/ptr)