Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen menghadiri dialog opini publik yang bertajuk “Peran Radio Dalam Pembangunan di Era 4.0” pada hari Selasa (25/2) di Kebon Tebu Cafe and Resto, Magelang.

Dialog yang berlangsung cukup komunikatif dan interaktif ini digagas oleh Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dengan narasumber dari KPID Jawa Tengah, Sonoha Yudha Leksono, Direktur Utama Suara Surabaya, Errol Jonathan dan seluruh peserta dari pengelola radio LPPL dan radio swasta se-Jawa Tengah.

Dalam dialog publik interaktif ini, Errol memaparkan bahwa tantangan radio di era 4.0 yaitu radio harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin mengingat kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini. Sebab, jangkauan siar melalui streaming mampu menembus pendengar di pelosok dunia. “Pengelola radio sekarang ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas program acaranya agar diminati banyak pendengar. Selain itu, radio bukan hanya sebagai penyampai informasi, edukasi, dan hiburan tapi radio juga harus bisa jadi solusi bagi pendengar,” ujar Errol.

Errol juga menjelaskan, radio sebagai solusi artinya radio harus bisa menjebatani permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat yang berdampak pada pengambil kebijakan. “Namun radio sebagai solusi harus memiliki jaringan yang kuat dengan netizen journalism maupun narasumber terkait yang berkompeten,” imbuh Errol. Hal tersebut dimaksudkan agar radio berperan sebagai media penangkal berita bohong atau hoax dengan segera.

Sedangkan Sonoha Yudha Leksono dalam paparannya terkait regulasi mengatakan, KPID telah memfasilitasi kepada radio LPPL maupun komunitas untuk bisa siaran bersama. Sehingga radio yang belum memiliki reporter tetap bisa mengikuti perkembangan informasi atau berita dari berbagai daerah.

“Pengelola radio di Jawa Tengah tetap menjaga kebersamaan, memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa dalam penyajian program-program siarannya. Radio juga secara bersamaan melawan hoax, mengeduksi masyarakat dengan beragam informasi pembangunan daerah serta memotivasi masyarakat untuk ikut terlibat dalam proses pembangunan. (mn/ka/put)