Berita / Berita Terbaru / Detail

Warga Desa Rantereja Klirong Bayar PBB sehari Lunas

Berita Terbaru 29 Januari 2018 14:03:42 WIB Administrator dibaca 117 kali

KOMINFO KEBUMEN - Ratusan warga Desa Rantereja Kecamatan Klirong berduyun-duyun sejak pagi mendatangi Balai Desa Rantereja untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sehari lunas pada Senin, 29 Januari 2018.  Melalui pembayaran pajak secara  serentak ini diharapkan tidak ada lagi warga desa yang melakukan tunggakan pajak.

Bupati Kebumen, Ir.HM.Yahya Fuad SE yang memantau langsung pelaksanaan pembayaran pajak di Desa Rantereja mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kebumen menargetkan untuk pembayaran PBB tahun 2018 mencapai Rp.41 miliar. Target ini naik dibandingkan tahun sebelumnya pada tahun 2017 yang hanya sebesar Rp.31 miliar. "Realisasinya tahun 2017 mencapai Rp.33 miliar lebih atau naik sekitar 10%. Kami berharap tahun 2018 ini juga dapat melebihi target," ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kebumen untuk taat pajak. Sebab, pendapatan pajak ini pada akhirnya juga akan digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kebumen. "Kita berharap untuk merealisasikan target pajak tersebut, butuh komitmen bersama kepada seluruh lapisan masyarakat Kebumen agar membayar pajak," jelas Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappeda)  Kabupaten Kebumen

Drs. Aden Andri Susilo, M.Si  mengatakan, pihak Bappeda sebelumnya telah melakukan sosialsasi kepada 125 desa untuk melakukan pembayaran PBB sehari lunas. "Pada hari ini dilakukan pembayaran PBB serentak di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Klirong, Kecamatan Ayah dan Kecamatan Prembun. Ditargetkan pada hari ini pajak masuk sekitar Rp.9 miliar. Pembayaran bisa dilakukan dengan tunai dan non tunai, baik pembayaran langsung ke petugas pajak maupun transfer melalui Bank Jateng," ungkap Kepala Bappeda.

Pada kegiatan ini juga diselenggarakan teleconference antara Bupati dengan perangkat desa yang berada di Kecamatan Prembun dan Kecamatan Ayah dalam pelaksanaan pembayaran PBB serentak. Teleconference ini difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen. Dan untuk mensukseskan program pembayaran PBB sehari lunas, Pemerintah Desa Rantereja menggelar acara hiburan musik organ tunggal, aneka doorprize peralatan rumah tangga dan sepeda mini. Bagi warga juga disediakan aneka menu makanan dan minuman yang bisa disantap secara cuma-cuma. Strategi seperti ini agaknya mampu menarik warga untuk datang berduyun-duyun membayar pajak. Hasilnya, dalam sehari itu 100% warga Desa Rantereja telah membayar pajak.(admin/mn)