Berita / Berita Terbaru / Detail

Diskominfo Temanggung Studi Tiru Ke Diskominfo Kebumen

Berita Terbaru 08 Agustus 2018 12:38:01 WIB Admin dibaca 47 kali

KOMINFO KEBUMEN - Dalam rangka meningkatkan kerjasama tata kelola informasi melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio dan Televisi, Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Kabupaten Kebumen menerima kunjungan Diskominfo Kabupaten Temanggung di Studio Ratih Televisi Kebumen pada Selasa, 7 Agustus 2018. Kehadiran rombongan dari Diskominfo Temanggung yang dipimpin langsung Kepala Diskominfo Sumarlinah sekira pukul 11.00 waktu Indonesia Barat disambut hangat oleh Kepala Diskominfo Kebumen Cokro Aminoto didampingi Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Dewi Indri Astuti serta Kepala Seksi Penyiaran Media Elektronik Dwi Purwantoro beserta jajaran.

Kepala Diskominfo Temanggung Sumarlinah mengatakan, kunjungan ini merupakan untuk kali pertama sekaligus ingin melakukan studi tiru dalam berbagai bidang informasi dan komunikasi yang di kelola oleh Diskominfo Kebumen. Dari Kebumen, Kabupaten Temanggung ingin mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan terkait bagaimana membuat Peraturan Daerah (Perda), pengembangan infrastruktur, pengembangan sistem informasi,  serta pengelolaan data centre dari sisi dokumentasi dan sumber daya manusianya.

Untuk menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, Kepala Diskominfo Kebumen memberi kesempatan kepada para stafnya untuk memaparkan  upaya-upaya dan hasil yang telah dilakukan Diskominfo Kebumen.


Khusus pada pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur, Kasi Pengembangan Infrastruktur Diskominfo Kebumen, Mochamad Nasir mengatakan, Diskominfo Kebumen saat ini tengah melakukan perluasan jaringan Fiber Optik (FO) ke beberapa kecamatan. "Saat ini kami sudah mengembangkan jaringan fiber optik di dua kecamatan yakni Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Pejagoan untuk seluruh OPD. Dan pada tahun 2018 ini pula akan kami perluas ke tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Buluspesantren, Ambal dan Mirit," ungkap M.Nasir.

Sedangkan untuk Bandwitdh kata M.Nasir sudah 250 Mbps untuk semua aplikasi pendukung SPBE di Kabupaten Kebumen. Demikian pula untuk penyediaan face print sudah terpasang 91 unit dan tahun ini akan dilakukan pemasangan sebanyak 113 unit. "Dalam pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan tersebut Diskominfo memiliki 3 personil internal dan 5 personil out sourching. Dengan sejumlah SDM tersebut kami upayakan dapat bekerja secara optimal," ungkap M.Nasir.

Sedangkan terkait pengelolaan data center yang saat ini masih di kantor lama Diskominfo di Jln.Indrakila diharapkan tahun depan sudah bisa dikendalikan di komplek Ratih TV jalan Kutoarjo No.6 Kebumen.

Sepanjang  pertemuan suasana keakraban dan kebersamaan sangat terasa. Kedua dinas saling berbagi, dan terbuka dalam beberapa hal guna pengembangan informasi dan komunikasi di kabupaten masing-masing. (admin/mn)