Berita / Publikasi / Detail

KOMINFO KEBUMEN - Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Pj. Sekda Kebumen, H. Drs. Mahmud Fauzi, MSi, hadir mewakili Bupati Kebumen pada acara Opening Ceremony Gerakan Menuju 100 Smart City 2018, Grand Room Redtop Hotel, Jakarta, Selasa (8/5).

Pada opening ceremony ini diawali dengan panel diskusi yang menghadirkan Dirjend Aptika Kemenkominfo RI, Samuel Abrijani dll.

Sammy, panggilan akrab Dirjend Aptika, mengatakan bahwa saat ini kehidupan sedang mengalami transformasi ke arah teknologi informasi.

Transformasi itu terjadi di dunia usaha, masyarakat dan pemerintahan. Untuk inilah maka upaya mendasar menghadapi kondisi transformasi ini, haruslah dimulai dari Smart Government services yang mewujudkan Smart Nation. Smart Nation akan terbangun dengan adanya Smart City/ Smart Regency.

Sementara itu, dukungan infrastruktur sangatlah penting, bentuk konektivitas haruslah terjaga.  Demikian dinyatakan nasumber dari Indosat Ooredoo.

Selain infrastruktur IT, yang menjadi kunci keberhasilan implementasi Smart City adalah keberadaan, ketaatan azas dan komitmen politik para pimpinan terhadap Master Plan Smart City, seperti dijelaskan Arya dari Lintasarta. (admin/ca)