Berita / Publikasi / Detail

Kabupaten Kebumen menuju E-Government

Publikasi 07 Februari 2018 13:09:04 WIB Administrator dibaca 200 kali

KOMINFO KEBUMEN - Bupati Kebumen Ir. HM Yahya Fuad, SE secara resmi melakukan launching SIMRAL, E-Kinerja, E-Letter dan E-Presence di Pendopo Rumah Dinas Bupati Selasa sore (08/02).


Selain Bupati dan Plt. Sekda, hadir pula para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Kabag serta Camat se Kabupaten Kebumen. 


Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi langkah cepat pihak terkait dalam upaya mewujudkan E-Government di Kabupaten Kebumen. Bupati juga berpesan semua pihak untuk terus meningkatkan SDM  sehingga tidak gaptek. Dengan begitu, launching aplikasi ini menemukan hakekat manfaat yang diharapkan. 


Menurut Bupati salah satu manfaat langsung yang akan dapat dirasakan terkait hal ini, adalah tamsil bagi pegawai. Setelah launching ini, menurutnya, tamsil pegawai penghitungannya akan berdasar basis data yang ada pada aplikasi ini, utamanya e-kinerja dan e-presence. "Mulai bulan Maret 2018 hal itu akan kita terapkan," kata Bupati. 


Sebelumnya, dalam laporannya, Kadinas Kominfo Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto, SIP. MKes., memaparkan aplikasi yang merupakan terobosan Pemkab menuju Kebumen E-Government. 


SIMRAL adalah Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan. Menurutnya, sistem yang awalnya merupakan follow-up Memorandum of Understanding dengan Pemkab Banyuwangi Jawa Timur ini, bisa menjadi acuan OPD dalam menggelindingkan roda organisasinya. 


Tentang e-Kinerja, dikatakannya adalah Aplikasi Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara. Sementara e-Presence adalah Aplikasi Absensi Pegawai. 


Terkait e-Letter, sosok yang juga pernah menekuni dunia broadcasting dan jurnalistik ini mengatakan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi tata naskah dinas elektronik. Menurutnya dengan aplikasi ini akan mendorong terciptanya naskah dinas yang terencana, baik, akuntabel dan terukur. Dikatakannya pula bahwa aplikasi tersebut dikembangkan dengan basis android sehingga bisa diakses secara lebih luas. 


Setelah melaunching, Bupati bersama para pimpinan Organisasi Perangkat daerah berkenan meninjau kesiapan piranti pendukung Kebumen E-Government di sisi timur Pendopo Rumah Dinas Bupati. (admin/im)