Berita / Publikasi / Detail

Diskominfo Kebumen Hadiri Rakor Sinkronisasi dan Bakohumas se-Provinsi Jawa Tengah

Publikasi 25 Januari 2018 09:23:51 WIB Administrator dibaca 190 kali

KOMINFO KEBUMEN - Kepala Bidang Informasi dan  Komunikasi Publik (Kabid IKP)  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen, Dewi Indri Astuti S.P, MM didampingi Kasi Diseminasi Informasi dan Analisis Media,  Agung Hariadi S.ST menghadiri rapat sinkronisasi dan koordinasi bidang kehumasan (Bakohumas)  yang digelar Diskominfo Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Tjokro, Jl. Pemuda Selatan No.42 Klaten-Jawa Tengah mulai Rabu (24/1) dan Kamis (25/1). Rakor yang dibuka oleh Asisten Administrasi Drs.Budi Wibowo M.Si ini dikuti puluhan peserta  perwakilan humas Setda dan Diskominfo dari 35 Kabupaten/kota se-Jawa Tengah.


Drs.Budi Wibowo M.Si dalam membacakan sambutan tertulis Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, humas memiliki peran yang sangat strategis dalam menopang gerak pembangunan suatu pemerintahan. Karena itu seorang humas dituntut profesional dalam  menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Membangun pola komunikasi yang baik, agar pesan-pesan pemerintah juga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Karena itu Gubernur berharap Rakor ini  dapat  menghasilkan kerjasama yang  lebih baik lagi antara

Bakohumas dengan Diskominfo dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik. "Rakor ini sangat penting untuk integrasi dan kesepahaman bersama antara Bakohumas dan Diskominfo  dalam menyampaikan kebijakan informasi, baik di kabupaten maupun provinsi" kata Drs.Budi Wibowo M. Si.


Pada kesempatan yang sama,  Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Soemantri mengatakan,  ditengah perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini hendaknya dijadikan tantangan sekaligus peluang bagi humas pemerintahan. Humas harus mampu merancang kegiatannya bagaimana mengkomunikasikan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat, dan menangkap apa yang ada di masyarakat untuk bisa sampai pada pemangku kebijakan. "Karena itu diperlukan sinergitas dalam rangka mengoptimalkan kegiatan-kegiatan organisasi, baik dalam penyiapan data maupun penyampaian literasi informasi publik. Sinergitas humas pemerintah dengan Diskominfo perlu ditingkatkan, sehingga pemerintah mampu melakukan diseminasi informasi kinerja pemerintah," jelas Dadang Soemantri.


Sedangkan Dewi Indri Astuti mengatakan, Diskominfo Kabupaten Kebumen sepenuhnya akan mendukung dan bersinergi dengan bakohumas kabupaten maupun provinsi dalam meningkatkan pelayanan informasi publik. "Penyampaian informasi yang baik kepada publik dapat membangun citra positif bagi pemerintahan. Hal ini yang akan kita lakukan," ujar Dewi Indri.


Dalam rakor ini dibahas sejumlah materi seperti, "Sinergi humas pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah dalam pengelolaan informasi dan komunikasi publik" yang disampaikan narasumber dari Dirjen  Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo. Sedangkan materi bertajuk "Strategi humas dalam pengelolaan komunikasi publik" dipresentasikan oleh Ketua Perhumas Kota Semarang, dan materi "Mengoptimalkan pengelolaan informasi publik" disampaikan oleh Eko Suseno, dosen UKSW.(admin/mn)