Berita / Publikasi / Detail

KOMINFO KEBUMEN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen memberikan  penguatan kapasitas bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di masing-masing OPD dan kecamatan se-Kabupaten Kebumen di Ruang Jatijajar Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (26/7). Hadir sebagai narasumber Komisioner KIP  Diskominfo Provinsi, Jawa Tengah, Zaenal Arifin serta Kepala Bidang Statistik Propinsi, Tubayanu.

Asisten III Sekda Kebumen, Widiatmoko SH,MH dalam sambutan pembukaan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen  akan mengoptimalkan peran PPID di tiap OPD dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik secara tepat, akurat, efektif dan bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun pemerintah. Setiap OPD maupun kecamatan hendaknya dapat mengoptimalkan peran penting Web resmi PPID dalam memberikan informasi kepada masyarakat. 

"Melalui web resmi maka masyarakat dapat melihat dan mengetahui program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah Kabupaten. Website OPD maupun kecamatan merupakan ujung tombak pemerintah dalam menyampaikan informasi berbagai program pembangunan tersebut. Meski, tak semua informasi itu harus disampaikan kepada publik. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang Nomer 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik," ujar Widiatmoko.


Widiatmoko juga menjelaskan, Kabupaten Kebumen saat ini berada di peringkat 13 dari 35 Kabupaten sebagai penyelenggara keterbukaan informasi publik. "Peringkat ini dapat bisa kita tingkatkan lebih baik lagi apabila semua PPID pembantu saling bekerjasama secara sinergis," kata Widiatmoko.

Dalam kegiatan ini dipaparkan sejumlah materi terkait tata cara  atau proses pengumpulan, pendokumentasian dan pelayanan informasi yang  cepat dan efisien. Juga dijelaskan  standar pelayanan informasi yang diamanatkan peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang standar layanan informasi. Secara garis besar pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, bertanggung jawab di bidang layanan informasi publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik.(admin/mn)