Berita / Publikasi / Detail

Dadang Sumantri: Jawa Tengah Connected butuh infrastruktur IT Terintegrasi

Publikasi 11 April 2018 10:12:51 WIB Administrator dibaca 110 kali

KOMINFO KEBUMEN - Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah pada Focused Group Discussion (FGD) Kegiatan Sinkronisasi Infrastuktur, Jaringan dan Integrasi Data SKPD Provinsi Jawa Tengah dan Diskominfo Kab/Kota se- Jawa Tengah, Best Western Hotel, Solo Baru,  Selasa-Rabu, (10-11/4).

Acara  diikuti lebih dari 160 orang peserta, dari unsur OPD Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Dalam sambutanya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Sumantri yang dibacakan Sekretaris Dinas menyatakan untuk mewujudkan "Jawa Tengah Connected", mutlak diperlukan pembangunan infrastruktur IT yang terintegrasi. Untuk itu pihaknya bersama OPD Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Tengah serta stake holders terkait akan melakukan sinkronisasi infrastruktur, jaringan dan integrasi data.

Pertemuan yang mengambil tempat di Rubby Hall Hotel Best Western Premier ini dibuka oleh Bupati Sukoharjo. Dalam sambutannya Bupati sangat menyambut baik atas inisiatif dan komitmen Pemprov Jawa Tengah dalam pembangunan infrastruktur IT. Dalam bagian lain, Bupati juga memaparkan kebijakan TIK di Kabupaten Sukoharjo.

Di hari pertama Selasa (10/4), acara FGD Sinkronisasi Infrastruktur IT ini mengetengahkan  dua panel diskusi. Pada panel diskusi pertama, menghadirkan pakar Inixindo Yogyakarta, Kadiskominfo Pemda DIY Yogyakarta dan Kadiskominfo Kota Pekalongan. Sedangkan pada panel diskusi kedua, menghadirkan narasumber dari Bappeda dan Bidang TIK Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah. 

Dalam panel diskusi yang dipandu Habibi Kurniawan ini, mengemuka pentingnya fungsi analitik, lebih dari sekedar sinkronisasi dan integrasi data. Dalam perkembangannya, integrasi data itu harus dapat membangun thing to thing dapat "berbicara", hingga menghasilkan smart services.

Setelah tanya jawab, panel diskusi yang berlangsung hingga pukul 20.05 WIB itu, ditutup dengan penyampaian fokus prioritas kegiatan Dinas Kominfo berdasarkan RKPD Tahun 2019 mendatang.(admin/ca).