Berita / Daerah / Detail

KOMINFO KEBUMEN - Rapat koordinasi dan peninjauan lokasi pembangunan menara telelomunikasi di Dukuh Jeblog Desa Ambalkumolo Kec. Buluspesantren, Selasa (22/5).

Hadir dalam Rapat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Drs. Hery Setyanto selaku pimpinan rapat dan Kepala Bidang IJin Non Usaha pada DPMPTSP serta jajaran staf DPMPTSP. Selain dari dinas terkait hadir pula OPD anggota tim perijinan Kab. Kebumen diantaranya Diskominfo, Bappeda,DPUPR,Disperkim LH,Bag. Hukum Setda Kab. Kebumen. 

Upaya pemerintah dalam menangani permasalahan blankspot di wilayah Kab. Kebumen dengan menambah menara telekomunikasi baru serta berharap di wilayah tersebut free jaringan telekomunikasi, tegas Hery.

Kali ini PT. Tower Bersama Indonesia berencana mendirikan menara telekomunikasi baru di Dukuh Jeblok Desa Ambalkumolo RT. 002 RW. 001 Kec. Buluspesantren dengan tinggi menara 52m serta operator seluler XL.

Rapat diselenggarakan di titik lokasi menara disambut oleh Muspika setempat diantaranya Camat Buluspesantren, Danramil, Kapolsek, Lurah setempat serta pemilik lahan dan warga sekitar.

Dalam kesempatannya Suis Idawati selaku Camat Buluspesantren berpesan kepada pemilik menara agar memperhatikan keamanan lingkungan, kebersihan serta hubungan yang harmonis dengan warga sekitar. Selain itu harus memperhatikan dampak yang timbul akibat menara dengan ditunjukan asuransi bagi warga yang masuk zona radius dari menara, tegas Ida.

Aspek teknis perlu diperhatikan tutur Sutoto Pranoto dalam hal ini mewakili Dinas Kominfo Kab. Kebumen memberikan tambahan saran dan masukan yang menunjang pendirian menara telekomunikasi. Aspek teknis meliputi konstruksi menara, grounding, pagar pengaman, tingkat kebisingan, lampu penerangan, jarak dengan pemukiman penduduk serta jalan akses menuju menara. Dengan aspek teknis terpenuhi maka kedepan dimungkinkan tidak timbul dampak negatif yang diakibatkan pendirian menara.

Sebagai penutup serangakaian kegiatan rapat Hery membacakan notulen rapat serta memutuskan bahwa pendirian menara telekomunikasi di Dukuh Jeblok Desa Ambalkumolo Kec. Buluspesantren resmi dinyatakan layak untuk didirikan. (admin/stt).