Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Profil / Sejarah

Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Pada tanggal 31 Desember 2016 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, dan Peraturan Bupati Kebumen Nomor 77 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika.

Hingga menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika
ini sesungguhnya telah melalui sejarah panjang dan metamorfosa kelembagaan.
Cikal bakal Dinas Komunikasi dan Informatika dimulai dari terbentuknya
kelembagaan KPDE. Kemudian berubah menjadi BIK-PDE, Dishubkominfo hingga
menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika seperti saat ini.


 Periode
Diskominfo (2016-sekarang)

Secara Struktur Organisasi, Dinas Kominfo
merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) Tipe C dengan Jabatan Esselon 2
sebagai Kepala Dinas. Komposisi jabatan Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen terdiri
dari Kepala Dinas, Sekretaris dan 2 Bidang, yaitu Bidang Informasi dan
Komunikasi Publik dan Bidang Pengelolaan Data Elektronik, dengan masing-masing
memiliki 3 seksi . Sedangkan di Sekretariat hanya ada 2 sub bagian, yaitu: Sub Bagian
Perencanaan dan Keuangan dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.



Kepala: Cokro Aminoto, SIP, M.Kes


Periode
Dishubkominfo (2011-2016)

Pada tanggal 30 Desember 2011 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah. 

Dinas Informasi Komunikasi dan Telamatika
sebelumnya adalah Badan Informasi Komunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik
Kabupaten Kebumen.



Kepala: Ir. Nugroho Tri Waluyo


Periode
BIK-PDE (2008-2011)

Dinas Informasi Komunikasi dibentuk pada bulan Oktober tahun 2008 sesuai dengan Perda No. 13 tahun 2008. BIK dan PDE adalah lembaga teknis yang merupakan penggabungan antara Bagian Humas Sekretariat Daerah dan Kantor Pengolahan Data Elektronik dan Arsip Daerah (KPDE dan Arsipda) sesuai dengan Peraturan Daerah No. 35 Tahun 2004 tentang Pembentukan Oganisasi dan Tata Kerja Badan Informasi, Komunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Kebumen. 


Periode
KPDE (2001-2008)

KPDE dan Arsipda sendiri pada awalnya merupakan hasil penggabungan dari Kantor Pengolahan Data Elekronik (KPDE) dan salah satu fungsi Arsip pada Sub Bagian TU pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen. Penggabungan dua lembaga ini dilaksanakan pada Tahun 2001 sesuai dengan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Kebumen. 

Adapun sebelum penggabungan ini KPDE merupakan lembaga teknis yang berdiri sendiri dan baru dibentuk secara de facto Tahun 1999, meskipun secara de jure sudah ada sejak tahun 1997 sesuai dengan Peraturan Daerah Tahun 1997 tentang Pembentukan Susunan dan Tata Kerja Kantor Pengolahan Data Elektronik Daerah Tingkat II Kebumen.